Selamat Datang Di www.beddum.com


Selasa, 12 Oktober 2010

Yodium

Yodium (iodine) merupakan unsur halogen yang terberat dan aktif didapatkan pada tumbuhan laut dan mata air/sumber air garam (brine). Yodium sebagai bahan galian berasosiasi dengan cekungan minyak bumi dan gas bumi ataupun ada pada mata air garam. Yodium terdapat bersama dengan bromium. Secara garis besar terjadinya yodium diawali sewaktu bitumenal batuan berubah menjadi minyak bumi, maka larutan yodium dan bromium ke dalam air yang meyertai minyak.

Tempat Diketemukan
• Sumatera : A. Conong, Langsa aceh ; Kesambah, Rejang, Gemura, Ngabang;
• Jawa Barat : Tegalwaru, Karawang (per 1000 gram air 71 mgr); Ciraos, Karawang, Cibarusa, Bekasi (3,4 mgr) ; Pondok Gedeh, Bogor (17,0 mgr) ; Palimanan, Cirebon (31,0 mgr) ;
• Jawa Tengah : Penasinan, Pemalang (13,0 mgr) ; Sogonerto, Weleri, Kendal ; Selokaton, Kendal (57,0 mgr) ; Gebangan, Selokaton, Kendal (68,0 mgr)
• Jawa Tengah : Kroya, Banyumas (23,0 mgr), Bledug, Purwodadi ;
• Jawa Timur : Desa Citro, Lamongan (33,0 mgr), Karanganyar, Sidoarjo (117,0 mgr) ; Pulungan Sidoarjo (131,0 mgr) ; Bulu G. Kendeng (140,0 mgr) ; Kedung Wat, G. Kendeng (147,0 mgr) ; Genukwatu G. Kendeng (103,0 mgr) ; Minid, Tuban ; Watudakon, Mojokerto (112,0 – 182,0 mgr).
• Di Jawa Timur ada 3 antiklin yang potensial mengandung garam beryodium yaitu antiklin utara melalui Lidah-Gunyangan-Kedung-Waru; antiklin tengah melalui Watudakon-Sekarputih dan antiklin selatan. Mata air pujon yang juga mengandung yodium diduga berhubungan dengan keadaan tersebut.

Teknik Penambangan
Yodium yang mempunyai nilai ekonomis diperoleh dengan pengeboran. Yodium saat ini hanya diusahakan oleh pabrik yodium dan eter PT. Kimia Farma Watudakon, Mojokerto yang merupakan kelanjutan dari usaha sejak jaman Belanda. Hasil pemboran di Watudakon yang dilaksanakan oleh PT. Kimia Farma tahun 1989 mendapatkan yodium 120 mg/l.

Pengolahan dan Pemanfaatan
• Bidang industri kimia
Sebagai bahan obat-obatan : emulsi fotografi, film, kertas dan sebagai reagen
• Bidang industri pangan
Untuk yodisasi garam dapur sebagai pencegah penyakit gondok
Pemisah yodium dari air didasarkan atas perbedaan berat jenis atau perbedaan suhu penguapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar